.

Sabtu, 11 Agustus 2018

DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN


DAMPAK_PENCEMARAN_LINGKUNGAN.png (1990×1211)       NAMA:SANDRO HANDIKA
                                                                                       KODE KELAS: @G28-/@PROYEKG04


Dampak pencemaran lingkungan pada saat ini mungkin sudah kita rasakan, seperti pemanasan global, polusi udara, air bersih yang mulai sulit di dapat di beberapa tempat, dan rusaknya unsur dalam tanah yang menyebabkan tanah tidak bisa di tumbuhi tumbuhan dan tanah tersebut beracun dan berbahaya bagi kesehatan manusia.


Kata kunci: Dampak Pencemaran Lingkungan

PEMANASAN GLOBAL

Mencairnya es yang berada di kutub utara dan kutub selatan Bumi
 mencairnya es yang berada di kutub utara dan juga kutub selatan Bumi. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya kutub utara dan kutub selatan Bumi adalah berupa es (baca: hujan es). Es yang berada di area kutub volumenya lebih besar daripada yang berada di wilayah bukan kutub Bumi.

Naiknya permukaan air laut
Meningkatnya suhu rata- rata Bumi dan atmosfer Bumi ini akan menyebabkan es di kutub menjadi cair, baik kutub Utara Bumi maupun kutub Selatan Bumi. Akibat mencairnya bongkahan es atau gunung es ini, air laut (baca: ekosistem air laut) pun menjadi bertambah volumenya. Hal ini karena es yang mencair akan lari ke dalam lautan dan akan menambh jumlah atau volume air laut. Ketika volume air laut bertambah, maka permukaan air laut pun menaik



POLUSI UDARA

Penurunan Kualitas Kesehatan Manusia
ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Atas adalah salah satu dampak polusi udara. Banyak penyakit gangguan pernapasan lainnya yang juga bisa menyerang manusia seperti bronkitis hingga pneumonia sebagai akibat polusi udara ini
RUSAKNYA LAPISAN OZON
lapisan ozon yang ada di atmosfer memiliki fungsi untuk melindungi bumi beserta isinya dari radiasi sinar ultraviolet. Lapisan ozon ini dapat mengalami kerusakan akibat efek emisi CFC yang menyebabkan penguraian molekul ozon lebih cepat sehingga lapisan ozon pada stratosfer mengalami kerusakan.


AIR BERSIH YANG BERKURANG
Air yang tercemar disebabkan oleh adanya sebuah zat kimia atau polutan yang masuk ke dalam air, seperti limbah industri yang masuk ke dalam aliran sungai yang jika manusia meminum air tersebut dapat menimbulkan manusia terkena penyakit cancer, selain itu juga terdapat limbah rumah tangga seperti deterjen dan sampah lain yang mengakibatkan penurunan oksigen di perairan sehingga dapat mengancam populasi makhluk hidup yang hidup di air,dan yang terakhir Limbah Pertanian seperti pupuk dan insektisida yang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia juga pada organisme yang lainnya. Hal ini juga akan mengakibatkan kematian pada organisme yang hidup di dalam air


TANAH RUSAK
kebocoran limbah cair dari industri serta tumpahan minyak, zat kimia, dan limbah yang lainnya. Jika tanah sudah tercemar oleh suatu polutan, maka polutan tersebut akan mengendap ke dalam tanah sebagai zat yang sangat beracun yang dapat membahayakan kesehatan manusia.


KESIMPULAN

Bahwa pencemaran lingkungan sudah sangat mengkuatirkan dan sudah terjadi hampir di semua tempat, dan disini peran manusia sebagai pelaku utama pencemaran lingkungan harus berperan untuk memperbaiki lingkungan yang sudah tercemar, seperti dengan cara mengurangi penggunaan kendaraan dengan emisi yang tinggi atau beralih dengan mengunakan kendaraan ramah lingkungan lain seperti kendaraan listrik, berhenti membuang limbah sembarangan dan membuat semacam pengolahan limbah industri dan rumah tangga agar limbah tersebut tidak berbahaya lagi bagi lingkungan.






DAFTAR PUSTAKA
  • https://sahabatnesia.com/pencemaran-lingkungan/
  • https://ilmugeografi.com/fenomena-alam/akibat-pemanasan-global
  • https://kliksoreang.com/2018/01/5-dampak-polusi-udara-bagi-bumi-beserta-isinya.html
  • https://pandaibesi.com/pengertian-pencemaran-lingkungan/
  • https://ilmugeografi.com/fenomena-alam/dampak-pencemaran-lingkungan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar