.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Selimut Bumi yang mulai menipis




Nama : Fransiska Rizki Lupendo


Selimut Bumi yang mulai menipis

Tahukah anda apa itu Ozon?
Ozon adalah molekul yang terdiri dari tiga atom oksigen. Ozon memiliki rumus kimia O3. Secara alami, ozon terbentuk di atmosfer bumi. Keberadaan ozon tersebar di atmosfer bumi. Daerah/lapisan di atmosfer yang banyak mengandung gas ozon disebut  Lapisan ozon. Lapisan ozon ini terletak di 
stratosfer. Berbagai fungsi ozon yang sangat penting bagi Bumi, antara lain:
  1. Mengatur jumlah atau posri sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan Bumi
  2. Melindungi Bumi agar sinar ultraviolet tersebut tidak langsung mengenai permukaan Bumi
  3. Menyerap sinar ultraviolet
  4. Menjaga suhu di Bumi agar tetap stabil
  5. Melindungi permukaan Bumi dari benda- benda langit yang jatuh
Sebagai manusia yang ikut merasakan manfaat dari ozon , tak dipungkiri kitalah yang berdampak besar pada kerusakannya. Berikut Zat-zat kimia yang dihasilkan akibat akifitas-aktifitas manusia yang tidak bertanggung jawab.
Bahan-bahan yang termasuk kategori bahan perusak lapisan ozon seperti yang dimaksud adalah sebagai berikut:

v  Karbon Tetraklorida (Carbon Tetrachloride) atau CCl4
v  1.1.1 Trikloroetana (Trichloroethane MeNl) atau CH3CCl3
v  Turunan Fluorinasi, Brominasi atau Iodinasi dari HC asiklik (Fluorinated, Brominated atau Iodinated derivatives or Cyclic HC) atau CH3Br
v  Trikloro Fluoro Metana (Trichloro Fluoro Methane) atau CFC-11
v  Dikloro Difluoro Metana (Dichloro Difluoro Methane) atau CFC-12
v  Trikloro Trifluoro Etana (Trichloro Fluoro Ethane) atau CFC-113
v  Dikloro Tetra Fluoro Etana (Dichloro Tetra Fluoro Ethane) atau CFC-114
v  Kloro Pentafluoro Etana (Chloro Pentafluoro Ethane) atau CFC-115
v  Klorotrifluoro Metana (Chlorotrifluoro Methane) atau CFC-13
v  Tetrakloro Difluoro Etana (Tetrachloro Difluoro Ethane) atau CFC-112
v  Pentakloro Fluoro Etana (Pentachloro Fluoro Ethane) atau CFC-111
v  Campuran mengandung turunan perhalogenasi dari HC Asiklik (acylic hydrocarbons) mengandung dua atau lebih Halogen berbeda:
·         Mengandung HC Asiklik Perhalogenasi (acylic hydrocarbon perhalogenated) hanya flour (fluorine) dan klor (chlorine)
·         Mengandung R-115/CFC-22 (Klorodifluoro Etana)


Dari berbagai uraian mengenai Ozon , simaklah cara-cara untuk menjaga lapisan ozon agar kita dapat senantiasa merasakan kebaikan yang di berikan oleh ozon.
  1. Mengurangi pemakaian mobil pribadi. Emisi yang dikeluarkan oleh mobil yang kamu kendarai membahayakan keberadaan lapisan ozon di atmosfer. Ada banyak alternatif transportasi yang bisa kamu gunakan untuk bepergian. Naik bus, berjalan kaki, bersepeda atau nebeng dengan teman akan mengurangi produksi emisi kendaraan.
  2. Menggunakan pembersih dalam rumah tangga yang bersahabat. Penggunaan produk pembersih yang natural adalah cara yang tepat untuk mencegah penipisan ozon. Banyak dari produk pembersih dalam rumah tangga yang menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat merusak ozon.
  3. Menghindari penggunaan pestisida. Pestisida adalah solusi yang paling mudah untuk menghilangkan hama pada tanaman. Tapi dampak yang diberikan oleh pestisida terhadapa lingkungan sangat buruk.
  4. Membuat aturan yang ketat atas peluncuran roket. Dunia memang selalu berkembang dalam segala segi. Peluncuran roket adalah salah satu bukti perkembangan tersebut. Tapi dampak dari peluncuran roket yang diberikan terhadap ozon sangat berbahaya.
  5. Stop penggunaan nitrous oxide. Selama ini CFC selalu dijadikan pokok penyebab dari menipisnya lapisan ozon, tapi ternyata ada lagi bahan kimia lain yang juga merusak ozon. Nitrous oxide adalah salah satu penyebab penipisan lapisan ozon setelah CFC.
Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.