.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Keunggulan Polimer pada Bidang Otomotif

Muhammad Abdillah

Keunggulan Polimer pada Bidang Otomotif

     Polimer adalah rantai berulang dari atom yang panjang, terbentuk dari pengikat yang berupa molekul identik yang disebut monomer. Sekalipun biasanya merupakan organik (memiliki rantai karbon), ada juga banyak polimer inorganik. Contoh terkenal dari polimer adalah plastik dan DNA.

Jenis Polimer

1.                  Polimer alami : kayu, kulit binatang, kapas, karet alam, rambut
2.                  Polimer sintetis :
A. Tidak terdapat secara alami: nylon, poliester, polipropilen, polistiren
B. Terdapat di alam tetapi dibuat oleh proses buatan: karet sintetis
C. Polimer alami yang dimodifikasi: seluloid, cellophane

Aplikasi Polimer
1.                  Polimer komersial (commodity polymers).Polimer ini dihasilkan di negara berkembang, harganya murah dan banyak dipakai dalam kehidupan sehari hari, Contohnya yaitu: Polietilen (PE), polipropilen (PP), polistirena (PS), polivinilklorida(PVC), melamin formaldehid.
2.                  Polimer teknik (engineering polymers). Polimer ini sebagian dihasilkan di negara berkembang dan sebagian lagi di negaramaju. Polimer ini cukup mahal dan canggih dengan sifat mekanik yang unggul dan daya tahan yang lebih baik. Polimer ini banyak dipakai dalam bidang transportasi (mobil, truk, kapal udara), bahan bangunan (pipa ledeng), barang- barang listrik dan elektronik (mesin bisnis, komputer), mesin-mesin industri dan barang-barang konsumsi. Contohnya: Nylon, polikarbonat, polisulfon, poliester.
3.                  Polimer fungsional (functional polymers). Polimer ini dihasilkan dan dikembangkan di negara maju dan dibuat untuk tujuankhusus dengan produksinya dalam skala kecil. Contohnya yaitu: kevlar, nomex, textura, polimer penghantar arus dan foton, polimer pekacahaya, membrane.

Keunggulan Polimer pada Bidang Otomotif

     Di era sekarang ini, manusia mulai mengembankan teknologi. Dimana teknologi itu dapat digunakan dalam jangka panjang serta memiliki nilai efisiensi yang tinggi. Misalnya pada saat ini banyak penelitian dimana perusahaan otomotif dan audio/vidio mencoba mengganti bahan metal menjadi bahan polimer ( Plastik ), yang semula terbuat dari bahan plat atau kayu. Hal ini di lakukan untuk efisiensi dikarenakan bahan polimer lebih mudah dalam proses produksi, memiliki sifat yang bisa disamakan dengan bahan metal ( plat ), harga yang relative lebih murah dan Bahan polimer ini dapat diolah kembali dengan proses penetralan komposisi sehingga kembali kestruktur semula yang sering disebut proses pellet sehingga dapat menjadi material baru lagi.
     Di Indonesia sendiri sudah ada banyak sekali perusahaan yamg bergerak di bidang ini. Hal ini dikarenakan proses injection ini merupakan salah satu bisnis yang diminati di Indonesia maupun Negara-negara lainya. Hal ini dapat kita lihat dari bertambahnya produksi barang otomotif dan electronic di Indonesia. Dimana mereka lebih cenderung memilih menggunakan bahan polimer dibanding bahan yang berasal dari plat. Mungkin masih ada beberapa bagian yang masih belum bisa digantikan dari plat oleh polimer, misalnya saja body modi mobil, rangka sepeda motor dll. Hal ini karena teknologi yang ada sekarang ini belum menemukan bahan campuran polimer yang setara dan lebih kuat untuk pengganti plat untuk bagian tersebut. Tetapi beberapa bagian sudah ada yang digantikan menggunakan bahan polimer.
     Karet  alam atau  poliisoprena merupakan jenis Polimer yang dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan ban/roda kendaraan, sepatu, dan sarung tangan.

Daftar Pustaka :

http://tictax13.blogspot.com/2013/12/polimer-di-bidang-otomotif.html

https://materialengineeringranggaagung.wordpress.com/2018/01/01/artikel-polimer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar